Sejarah Singkat

Pada pertengahan tahun 2004 dirintis sebuah forum diskusi dosen-dosen Akuntansi Sektor Publik di Indonesia yang untuk pertamakalinya dilaksanakan di Universitas Airlangga, Surabaya. Pertemuan tersebut kemudian dilanjutkan di UGM – Yogyakarta, UNS – Surakarta, Universitas Pasundan Bandung, UMM Malang dan temu terakhir kembali di UGM.

Berawal dari adanya perubahan struktur kurikulum Program Studi Akuntansi di Indonesia yang mengenal nama matakuliah baru yaitu Akuntansi Sektor Publik. Matakuliah ini secara struktur menggantikan matakuliah Akuntansi Pemerintahan yang selama ini diajarkan di Program Studi Akuntansi. Namun muatan materinya sesungguhnya kedua matakuliah tersebut sama sekali berbeda. Akuntansi Sektor Publik jauh lebih luas dari sekedar Akuntansi Pemerintahan.

Karena merupakan matakuliah baru, maka belum ada silabi dan muatan materi yang baku dan menjadi acuan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini terbukti ketika beberapa perguruan tinggi saling mengkomparasikan silabi matakuliah Akuntansi Sektor Publik, ternyata muatannya sama sekali berbeda satu dengan yang lain.

Oleh karena itu FDASP berupaya untuk mengembangkan akuntansi pada ranah organisasi sektor publik. Saat ini  desakan era new public management, tuntutan akan akuntabilitas organisasi sektor publik, memaksa implementasi akuntansi di organisasi bukan swasta atau non profit oriented baik pemerintahan maupun nirlaba.

Visi – Misi FDASP

Visi

Misi

Tujuan:

  1. Sebagai tempat pertemuan antar peneliti dari latar belakang akademisi dan lembaga praktik di sektor publik, konferensi lebih merupakan tempat komunikasi yang berkesinambungan antar akademisi, praktisi maupun pemerhati akuntansi sektor publik lainnya tentang perkembangan ilmu dan hasil penelitian yang telah dilakukan di Indonesia. Ini berarti arena merupakan tempat untuk mengamati dan mendorong kemajuan ilmu akuntansi dan keuangan sektor publik.
  2. Arena Komunikasi antar peneliti dari akademisi dan LITBANG
  3. Arena diskusi tentang agenda kebijkan penelitian nasional di bidang akuntansi dan keuangan sektor publik
  4. Koordinasi dan Evaluasi kemajuan penelitian akuntansi dan keuangan sektor publik
  5. Konsensus peneliti bersama tentang berbagai permasalahan konsep dan praktis